Kamis, September 18, 2014

Memunculkan Titik Ribuan (Thousand Separator) dalam Mail Merge


halo! setelah lama tidak mengunjungi blog saya ini, akhirnya saya memutuskan untuk menulis sesuatu. yaaa sekedar ngisi waktu luang lah daripada nganggur temen-temen sekantor pada dinas ke Bone semua, kantor jadi sepi meeeeen!.
kali ini saya akan menulis tentang memunculkan titik ribuan ke dalam mail merge. kebetulan akhir-akhir ini saya sering disuruh memperbaiki format mail merge yang katanya agak-agak error, padahal kan yang error dari segi usernya kan ya wkwkwkwk

oke langsung saja, pernah mengalami masalah dibawah ini? 


dalam excel sudah terdapat ribuan dan desimal namun di word sama sekali ga keliatan?





solusi pertama yang saya tawarkan disini adalah dengan menambahkan single quote atau tanda ' diawal bilangan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. kemudian, menambahkan sendiri titik ribuan. fungsi tanda single quote disini adalah supaya bilangan yang kita ketikkan akan terbaca sebagai text atau string.


namun solusi tersebut kayaknya masih kurang memuaskan, ya to? soalnya kalau banyak yang harus kita edit gimana? masa harus satu-satu? bisa keburu tua donk hahhaha. solusi pertama di atas juga mengandung kelemahan lain, yaitu apabila bilangan yang kita masukkan ke word via mail merge adalah hasil dari perhitungan rumus seperti dua gambar di bawah ini.




oke solusi kedua ini agak sedikit rumit, tapi lebih cepat daripada ngedit satu satu. caranya adalah buka word option, kemudian klik advance, cari bagian general, kemudian klik confirm file format conversion on open, kemudian klik OK. seperti gambar di bawah ini.




setelah itu, cell category di excel kita ubah sesuai format yang kita inginkan, disini saya menggunakan format accounting dan saya tambahkan desimal dua digit dibelakang koma. liat gambar dibawah kalau bingung maksudnya :P.



setelah sesuai dengan apa yg kita inginkan, selanjutnya kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. setelah selesai berdoa, kita lanjutkan berusaha karena Tuhan tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaum tersebut berusaha mengubahnya. anda bertanya kenapa malah ceramah? ya udah lanjut aja kalau gitu.

langkah selanjutnya adalah, kita hubungkan lagi word dengan excel via mail merge. reconnect gitu lah istilahnya. ga tau caranya? tanya temen anda yang tahu. oke?
setelah dihubungkan ulang akan ada tabel dialog seperti dibawah ini, tak perlu ragu tak perlu gentar. cukup klik Show All.

kemudian pilih MS Excel Worksheets via DDE (*xls), lihat gambar di bawah, jangan ngeliat foto saya ntar naksir.


setelah berhasil di hubungkan ulang, silakan klik preview untuk melihat hasilnya. dan taraaa turrrr tereeee, mission accomplished!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment welcome